“
Kepedulian seorang siswa kepada guru bukan karena kepintarannya, tetapi
sejauh mana
guru itu mempedulikan dirinya “
( Renungan
Guru-Tries 2012 )
PERTEMUAN V
KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
Satu hal yang perlu diketahui, bahwa hingga saat
ini belum ada taksonomi yang sifatnya baku dan berlaku umum. Yang jelas bahwa
klasifikasi jenis-jenis media ini akan sangat dipengaruhi oleh tujuan
klasifikasi itu sendiri.
A.
Pendahuluan
Banyak
sekali media yang dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran. Dengan
keanekaragaman media ini maka terdapat berbagai cara yang dapat dipergunakan
untuk mengadakan klasifikasi media, atas dasar kategori-kategori tertentu.
Dengan
demikian Klasifikasikan Media Pembelajaran dapat dikatakan bersifat subyektif tergantung
sudut pandang.dari masing-masing pendapat diantaranya :
1. Berdasarkan
Tujuan Media
2. Berdasarkan
Bahan Pembuatan Media
3. Berdasarkan Kompleksitas,
Biaya Pembuatan / Pengadaan Media
4. Berdasarkan Daya
jangkau penyebaran Media
5. Berdasarkan
type Media
B. Klasifikasi Media Pembelajaran
1. Secara Umum :
a. Media cetak
dan non cetak
b. Media
elektronik dan non elektronik
c. Media
proyeksi dan non proyeksi
d. Media audio,
visual dan audio-visual
e. Media yang
sengaja dirancang ( by design ) dan
media yang dimanfaatkan ( by utilization
)
Dasar perhitungan Tahun Qomariyah |
2.
Wilbur
Schramm (1977)
Mengklasifikasikan media berdasarkan :
a. Kompleksitas
dan besarnya biaya
-
Media besar (big-media)
-
Media kecil (little-media).
b. Daya jangkau
dan liputannya
- Media yang
luas dan serentak meliputi banyak audience seperti TV, Radio,
- Media yang
terbatas liputannya seperti: film, slide, kaset, video, dsb. Dan
- Media
untuk belajar secara individual (mandiri) seperti: buku, model, program belajar
dengan komputer ( Computer Assisted Instruction: CAI ).
3.
Berdasarkan
Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunak ) yang digunakan
untuk penampilan program.
a. Media Audio
:
-
Radio
-
Piringan Hitam
-
Tape / Casette
b. Media Visual
-
Film bisu
-
Slides
-
Film Strip
-
Epi ( dia ) scope
-
Over Head Proyecctor
-
Wall Sheets
-
Model ( Mock Up )
-
Obyek / Specimen
c. Media Audio
Visual
-
CAI ( Computer
Assisted Instruction )
-
Televisi
-
Radio Vision
-
Film Bicara
-
Slide sequence
( sound slide )
-
Film strip
-
Dramatisasi
-
Permainan Boneka
C.
Kesimpulan
1. Apapun dasar
klasifikasi yang dipakai jenis medianya adalah sama. Karena kepentingan dan
tujuan yang berbeda, akan diperoleh klasifikasi yang berbeda pula.
2. Semua jenis
media memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri.
Itulah sebabnya maka perlu sekali adanya perencanaan yang sistematik untuk penggunaan media.
puji .l
BalasHapuspak kalau masuk jangan telat,,, keburu teman2n pada pulang
puji .l
BalasHapuspak kalau masuk jangan telat,,, keburu teman2n pada pulang
Puji@ Mkch sarannya dan ternyata q salah nglihat Jadwal...wah jd selama ini kehadiranq bkn kesal z...he..he..he..mapin z sarannya sangat diperhatikan...tp tolong dulu donk...membernya dikasih foto...OK tetap semangat...!
BalasHapustime is money sir hahahahahh :)
BalasHapusIsnaini@ OK, tanks...spend your time well because time is worship...Tetap smangat loh...!
Hapus