Jumat, 01 Juni 2012

Pertemuan 5

“ Kepedulian seorang siswa kepada guru bukan karena kepintarannya, tetapi
sejauh mana guru itu mempedulikan dirinya “
( Renungan Guru-Tries 2012 )


 PERTEMUAN V

KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN




A.     Pendahuluan

Banyak sekali media yang dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran. Dengan keanekaragaman media ini maka terdapat berbagai cara yang dapat dipergunakan untuk mengadakan klasifikasi media, atas dasar kategori-kategori tertentu.

Dengan demikian Klasifikasikan Media Pembelajaran dapat dikatakan bersifat subyektif tergantung sudut pandang.dari masing-masing pendapat  diantaranya :

1.    Berdasarkan Tujuan Media

2.    Berdasarkan Bahan Pembuatan Media

3.    Berdasarkan Kompleksitas, Biaya Pembuatan / Pengadaan Media

4.    Berdasarkan Daya jangkau penyebaran Media

5.    Berdasarkan type Media


Satu hal yang perlu diketahui, bahwa hingga saat ini belum ada taksonomi yang sifatnya baku dan berlaku umum. Yang jelas bahwa klasifikasi jenis-jenis media ini akan sangat dipengaruhi oleh tujuan klasifikasi itu sendiri.

B.     Klasifikasi Media Pembelajaran

1.    Secara Umum :

a.    Media cetak dan non cetak

b.    Media elektronik dan non elektronik

c.    Media proyeksi dan non proyeksi

d.    Media audio, visual dan audio-visual

e.    Media yang sengaja dirancang ( by design ) dan media yang dimanfaatkan ( by utilization )


Dasar perhitungan Tahun Qomariyah




2.      Wilbur Schramm (1977)

Mengklasifikasikan media berdasarkan :

a.    Kompleksitas dan besarnya biaya

-       Media besar (big-media)

-       Media kecil (little-media).

b.    Daya jangkau dan liputannya

-    Media yang luas dan serentak meliputi banyak audience seperti TV, Radio,

-    Media yang terbatas liputannya seperti: film, slide, kaset, video, dsb. Dan

-  Media untuk belajar secara individual (mandiri) seperti: buku, model, program belajar dengan komputer ( Computer Assisted Instruction: CAI ).


3.    Berdasarkan Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunak ) yang digunakan untuk penampilan program.

a.    Media Audio :

-        Radio

-        Piringan Hitam

-        Tape / Casette

b.    Media Visual

-        Film bisu

-        Slides

-        Film Strip

-        Epi ( dia ) scope

-        Over Head Proyecctor

-        Wall Sheets

-        Model ( Mock Up )

-        Obyek / Specimen

c.    Media Audio Visual

-        CAI  ( Computer Assisted Instruction )

-        Televisi

-        Radio Vision

-        Film Bicara

-        Slide sequence  ( sound slide )

-        Film strip

-        Dramatisasi

-        Permainan Boneka




C.     Kesimpulan

1.  Apapun dasar klasifikasi yang dipakai jenis medianya adalah sama. Karena kepentingan dan tujuan yang berbeda, akan diperoleh klasifikasi yang berbeda pula.

2.    Semua jenis media memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Itulah sebabnya maka perlu sekali adanya perencanaan yang sistematik untuk penggunaan media.











5 komentar:

  1. puji .l
    pak kalau masuk jangan telat,,, keburu teman2n pada pulang

    BalasHapus
  2. puji .l
    pak kalau masuk jangan telat,,, keburu teman2n pada pulang

    BalasHapus
  3. Puji@ Mkch sarannya dan ternyata q salah nglihat Jadwal...wah jd selama ini kehadiranq bkn kesal z...he..he..he..mapin z sarannya sangat diperhatikan...tp tolong dulu donk...membernya dikasih foto...OK tetap semangat...!

    BalasHapus
  4. time is money sir hahahahahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isnaini@ OK, tanks...spend your time well because time is worship...Tetap smangat loh...!

      Hapus