Senin, 14 Mei 2012

Pertemuan 2

Guru yang cakap menghadapi siswa yang bodoh itu amanah,
Siswa yang cakap menghadapi guru yang bodoh itu musibah !
( Motivasi Diri, Tries 2012 )




PERTEMUAN II

KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI INFORMASI
DAN MEDIA PEMBELAJARAN



A.   Pendahuluan
Sesuai dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi, termasuk Teknologi Pembelajaran  menuntut digunakannya berbagai Media pembelajaran serta peralatan-peralatan yang semakin canggih. Boleh dikatakan bahwa dunia pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, di mana kegiatan pembelajaran telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan pengajaran dengan metode ceramah dan diganti dengan digunakannya banyak media.

Teknologi Informasi    =   Informational Technology
Teknogi Pembelajaran    =   Instructional Technology
Media Pembelajaran        =   Instructional Media

Lebih-lebih pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada keterampilan proses, maka peranan media pembelajaran ( sering disebut media saja), menjadi semakin penting.

B.   Kompetensi
Ø  Secara umum      :   
       Kompetensi yang akan dicapai adalah  Mendesain dan menggunakan media pembelajaran yang dapat dipilih sebagai alat maupun sumber balajar.
Ø  Secara khusus      :   
       Dijabarkan dalam sejumlah Kompetensi Dasar yang akan dicapai sebagai berikut  :
1.      Pengertian media
o   Menjelaskan makna media pembelajaran
2.      Fungsi Media
o   Mengidentifikasi jenis-jenis media menurut penggolongan   tertentu
3.      Klasifikasi jenis-jenis media.
o   Memilih media yang sesuai untuk pembelajaran mata pelajaran 
4.      Perencanaan Sistematik Penggunaan media.
o   Menggunakan media secara baik di dalam pembelajaran 
5.      Jenis-jenis Media yang dapat disiapkan atau dapat dikembangkan
o   Mengembangkan media pembelajaran 
6.      Kebutuhan manusia akan teknologi informasi
o   Memahami kebutuhan manusia akan Teknologi Informasi
7.      Kejahatan internet dan regulasinya
o   Memahami kejahatan internet dan regulasinya
8.      Kebutuhan SDM TI di Indonesia
o   Menyadari akan kebutuhan SDM yang paham teknologi   informasi
9.      Guru dan Teknologi Informasi
o   Menyadari sebagai guru akan kebutuhan teknologi informasi
10.    Panduan mengoperasikan internet
o   Mengakses informasi melalui internet
11.   Mencari materi ajar melalui internet
o   Memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dan   sumber belajar

     C. Prasarat :
 
Guru harus sudah mampu mengoperasikan komputer berbasis  
Windows Operating System




4 komentar:

  1. assallammualaikum,,,,

    pak saya cuma mau tanta tentang pembelajaran ini,,,,

    bagaimana penerapan sistem pembelajaran teknologi informasi dan media pembelajaran pada ( siswa dan guru ) yang sekolahnya tidak MAMPU / memungkinkan ( kecil / pelosok )untuk menggunakan berbagai media teknologi yg sedang berkembang ini dalam melaksanakan pembelajarannya setiap hari ....???

    by :
    Ari Dwiono
    ( murni 2008 )

    BalasHapus
  2. Ari@ Wa’alaikumussalam...Justru itulah salah satu kendala yang menjadi tantangan para Guru Profesional termasuk anda ! Seperti yang telah dibahas pada Pertemuan I, Maka salah satu langkah untuk menangani kondisi semacam itu adalah : Para penentu kebijakan pendidikan seharusnya sangat berkepentingan atas berbagai informasi tentang kondisi guru dan sekolah dalam pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran dan kegiatan lain, mengingat otoritas yang dimiliknya dapat mengubah kondisi yang baik menjadi kondisi yang lebih baik. Sementara guru dengan informasi ini dapat menempatkan dan mengkondisikan dirinya sesegera mungkin untuk beradaptasi, paling tidak mengubah sikap dan perilaku untuk berkembang ke arah yang lebih baik. OK...mkch met brjuang mg sukses...!

    BalasHapus
  3. mf telat,njeh pak kami akan berjuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Anto..selamat berjuang dan tetap semangat OK !

      Hapus