Guru yang cakap
menghadapi siswa yang bodoh itu amanah,
Siswa
yang cakap menghadapi guru yang bodoh itu musibah !
( Motivasi Diri, Tries
2012 )
PERTEMUAN II
KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI
INFORMASI
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
Sesuai dengan kemajuan di bidang
Teknologi Informasi, termasuk Teknologi Pembelajaran menuntut digunakannya berbagai Media
pembelajaran serta peralatan-peralatan yang semakin canggih. Boleh dikatakan
bahwa dunia pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, di mana kegiatan
pembelajaran telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan
pengajaran dengan metode ceramah dan diganti dengan digunakannya banyak media.
Teknologi Informasi = Informational
Technology
Teknogi Pembelajaran = Instructional
Technology
Media Pembelajaran = Instructional
Media
Lebih-lebih pada kegiatan pembelajaran
yang menekankan pada keterampilan proses, maka peranan media pembelajaran (
sering disebut media saja), menjadi
semakin penting.
B. Kompetensi
Ø
Secara
umum :
Kompetensi yang akan dicapai adalah
Mendesain dan menggunakan media pembelajaran yang dapat dipilih sebagai alat
maupun sumber balajar.
Ø
Secara
khusus :
Dijabarkan dalam sejumlah Kompetensi
Dasar yang akan dicapai sebagai berikut
:
1. Pengertian
media
o
Menjelaskan
makna media pembelajaran
2. Fungsi
Media
o
Mengidentifikasi
jenis-jenis media menurut penggolongan tertentu
3. Klasifikasi
jenis-jenis media.
o
Memilih
media yang sesuai untuk pembelajaran mata pelajaran
4. Perencanaan
Sistematik Penggunaan media.
o
Menggunakan
media secara baik di dalam pembelajaran
5. Jenis-jenis
Media yang dapat disiapkan atau dapat dikembangkan
o
Mengembangkan
media pembelajaran
6. Kebutuhan
manusia akan teknologi informasi
o
Memahami
kebutuhan manusia akan Teknologi Informasi
7. Kejahatan
internet dan regulasinya
o
Memahami
kejahatan internet dan regulasinya
8. Kebutuhan
SDM TI di Indonesia
o
Menyadari
akan kebutuhan SDM yang paham teknologi informasi
9. Guru
dan Teknologi Informasi
o
Menyadari
sebagai guru akan kebutuhan teknologi informasi
10. Panduan
mengoperasikan internet
o
Mengakses
informasi melalui internet
11. Mencari
materi ajar melalui internet
o
Memanfaatkan
teknologi informasi sebagai media dan sumber belajar
assallammualaikum,,,,
BalasHapuspak saya cuma mau tanta tentang pembelajaran ini,,,,
bagaimana penerapan sistem pembelajaran teknologi informasi dan media pembelajaran pada ( siswa dan guru ) yang sekolahnya tidak MAMPU / memungkinkan ( kecil / pelosok )untuk menggunakan berbagai media teknologi yg sedang berkembang ini dalam melaksanakan pembelajarannya setiap hari ....???
by :
Ari Dwiono
( murni 2008 )
Ari@ Wa’alaikumussalam...Justru itulah salah satu kendala yang menjadi tantangan para Guru Profesional termasuk anda ! Seperti yang telah dibahas pada Pertemuan I, Maka salah satu langkah untuk menangani kondisi semacam itu adalah : Para penentu kebijakan pendidikan seharusnya sangat berkepentingan atas berbagai informasi tentang kondisi guru dan sekolah dalam pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran dan kegiatan lain, mengingat otoritas yang dimiliknya dapat mengubah kondisi yang baik menjadi kondisi yang lebih baik. Sementara guru dengan informasi ini dapat menempatkan dan mengkondisikan dirinya sesegera mungkin untuk beradaptasi, paling tidak mengubah sikap dan perilaku untuk berkembang ke arah yang lebih baik. OK...mkch met brjuang mg sukses...!
BalasHapusmf telat,njeh pak kami akan berjuang
BalasHapusTerima kasih Mas Anto..selamat berjuang dan tetap semangat OK !
Hapus